Menguji Peluang Konsolidasi XL Axiata dan Smartfren

Potensi konsolidasi operator telekomunikasi antara PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) masih terbuka lebar. Manajemen EXCL mencatat terdapat beberapa keuntungan yang dapat diraih dari konsolidasi antar operator ini.

Annisa Kurniasari Saumi

10 Okt 2023 - 20.08
A-
A+
Menguji Peluang Konsolidasi XL Axiata dan Smartfren

Logo XL dan Smartfren.

Bisnis, JAKARTA – Potensi konsolidasi dalam industri telekomunikasi, yang melibatkan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN), masih mencuat sebagai topik hangat. Dalam perbincangan ini, manajemen EXCL merinci sejumlah manfaat yang mungkin dapat diperoleh dari upaya konsolidasi ini.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, mengungkapkan bahwa EXCL bersama pemegang sahamnya secara berkelanjutan menjajaki kemungkinan-kemungkinan konsolidasi. Namun, hingga saat ini, pembicaraan mengenai potensi konsolidasi antara EXCL dan FREN belum mencapai kesepakatan.

Dalam konteks ini, pembicaraan tentang konsolidasi lebih banyak dilakukan oleh pemegang saham dari kedua operator, yakni Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. dan Grup Sinarmas yang mengendalikan FREN. Menurut Dian, manajemen EXCL belum terlalu aktif terlibat dalam tahapan ini.

Dian juga menyatakan keyakinannya bahwa konsolidasi dapat membawa keberlanjutan bagi industri telekomunikasi. Ia melihat bahwa konsolidasi akan membantu mengurangi biaya dalam infrastruktur telekomunikasi, menjadikannya lebih efisien secara ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.