Mengukur Akurasi Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur

KKP menyiapkan petugas verifikator pengolah data dalam kebijakan penangkapan ikan terukur terkait mekanisme pelaksanaan, standar operasional prosedur, serta penggunaan perangkat timbangan elektronik yang terintegrasi dengan sistem teknologi informasi.

Rustam Agus

25 Apr 2022 - 14.30
A-
A+
Mengukur Akurasi Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur

Ikan hasil tangkapan / istimewa

Bisnis, JAKARTA - Kebijakan penangkapan ikan terukur yang diterapkan sejak awal tahun ini bermaksud menjaga sumber daya perikanan dan populasinya secara lestari hingga berkelanjutan sampai masa depan.

Setiap pelaku usaha diberikan kuota penangkapan berikut, aturan zonasi perairan tangkap, ketentuan alat tangkap yang diperbolehkan dan tidak merusak lingkungan laut, hingga hasil tangkapan wajib didaratkan di pelabuhan perikanan setempat.

Salah satu tolok ukur keberhasilan dari penerapan kebijakan tersebut tentu terkait hasil tangkapan ikan itu sendiri. Pengawasan yang ketat harus mampu memastikan tidak terjadi penangkapan ikan yang berlebihan atau over fishing.

Sementara penghitungan yang akurat atas hasil tangkapan ikan yang didaratkan juga terkait kepada setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor perikanan kecuali terhadap nelayan kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Akurasi Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.