Bisnis, JAKARTA - Hari Belanja Nasional pada periode 10 - 12 Desember ini menjadi momentum akhir peningkatan volume belanja masyarakat. Para pelaku e-commerce beradu strategi menggaet minat konsumen bertransaksi.
Di tengah desas-desus menurunnya daya beli masyarakat, pelaku industri lokapasar masih optimis menangkap kenaikan nilai transaksi. Hal ini terlihat dari target yang dipatok Indonesian E-Commerce Association.
idEA menargetkan nilai transaksi pada masa Harbolnas yakni mulai periode 10 – 12 Desember 2023 mencapai Rp25 triliun. Target tersebut meningkat 11,2% dibandingkan dengan nilai transaksi Harbolnas tahun lalu senilai Rp22,2 triliun.
Nilai transaksi selama Harbolnas memang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2016, transaksi Harbolnas menyentuh Rp6 triliun, kemudian naik menjadi Rp8 triliun pada 2017. Setahun kemudian, volume belanja publik meningkat hingga Rp12 triliun.