Mengukur Daya Beli Akhir Tahun Lewat Harbolnas

Indonesian E-Commerce Association membidik volume transaksi masyarakat pada momentum Harbolnas 2023 mencapai Rp25 triliun, naik 11,2% dibandingkan dengan periode sebelumnya. Namun, sejauh mana kenaikan ini mendongkrak daya beli rumah tangga di akhir tahun?

Redaksi

10 Des 2023 - 17.55
A-
A+
Mengukur Daya Beli Akhir Tahun Lewat Harbolnas

Ilustrasi konsumen yang berbelanja secara daring melalui e-commerce di ponsel mereka/Freepik

Bisnis, JAKARTA - Hari Belanja Nasional pada periode 10 - 12 Desember ini menjadi momentum akhir peningkatan volume belanja masyarakat. Para pelaku e-commerce beradu strategi menggaet minat konsumen bertransaksi. 

Di tengah desas-desus menurunnya daya beli masyarakat, pelaku industri lokapasar masih optimis menangkap kenaikan nilai transaksi. Hal ini terlihat dari target yang dipatok Indonesian E-Commerce Association. 

idEA menargetkan nilai transaksi pada masa Harbolnas yakni mulai periode 10 – 12 Desember 2023 mencapai Rp25 triliun. Target tersebut meningkat 11,2% dibandingkan dengan nilai transaksi Harbolnas tahun lalu senilai Rp22,2 triliun.

Nilai transaksi selama Harbolnas memang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2016, transaksi Harbolnas menyentuh Rp6 triliun, kemudian naik menjadi Rp8 triliun pada 2017. Setahun kemudian, volume belanja publik meningkat hingga Rp12 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Daya Beli Akhir Tahun Lewat Harbolnas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.