Mengukur Defisit Anggaran dan Rasio Utang Hingga 2024

Defisit anggaran pada akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin direncanakan berkisar antara 2,16 - 2,64 persen dari PDB. Rancangan defisit anggaran tersebut jauh di bawah postur APBN 2022 dengan deficit anggaran direncanakan mencapai 4,85 persen dari PDB.

Saeno

12 Mar 2023 - 18.57
A-
A+
Mengukur Defisit Anggaran dan Rasio Utang Hingga 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat memberikan paparan pada konferensi pers Apbn-Kita/Bisnis

Bisnis, JAKARTA –  Pemerintah merencakan defisit anggaran pada APBN 2024 berada di bawah 3 persen dari pendapatan domestik bruto atau PDB. Defisit anggaran pada akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin direncanakan berkisar antara 2,16 - 2,64 persen dari PDB. Rancangan defisit anggaran tersebut jauh di bawah postur APBN 2022 dengan deficit anggaran direncanakan mencapai 4,85 persen dari PDB.

Seperti tertulis di laman djpb.kemenkeu.go.id, yang diunggah pada 29 Maret 2022, defisit dan pembiayaan anggaran direncanakan senilai Rp868,0 triliun atau sama dengan 4,85 persen dari PDB.

Defisit anggaran yang disusun pada 2022 merupakan langkah extraordinary melalui penerbitan Perpu Nomor 1 Tahun 2020 yang telah disahkan menjadi UU Nomor 2 Tahun 2020.

Perpu tersebut memberikan keleluasaan pelebaran defisit anggaran di atas 3 persen hingga tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Defisit Anggaran dan Rasio Utang Hingga 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.