Mengukur Efek Domino IPO GoTo pada Emiten Terafiliasi

Sebelum melantai di pasar modal Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. sudah memiliki representasi melalui sejumlah emiten lain, baik yang menjadi investornya maupun yang sahamnya turut dimilikinya. Kinerja emiten-emiten ini diperkirakan akan turut terpengaruh oleh langkah IPO GoTo.

Emanuel Berkah Caesario

16 Mar 2022 - 20.51
A-
A+
Mengukur Efek Domino IPO GoTo pada Emiten Terafiliasi

Paparan publik penawaran umum perdana saham atau IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. pada Selasa (15/3/2022).

Bisnis, JAKARTA — Langkah initial public offering (IPO) yang ditempuh oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. saat ini turut menarik perhatian masyarakat kepada saham emiten-emiten lain yang terafiliasi dengan grup perseroan. Seberapa besar efek domino langkah GoTo ini terhadap emiten-emiten itu?

Berdasarkan penelusuran Bisnis, setidaknya ada enam emiten yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia dan memiliki afiliasi atau hubungan bisnis dengan GoTo.

Dua emiten menjadi investor di GoTo, yakni PT Astra International Tbk. (ASII) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM). Sementara itu, empat emiten lainnya sahamnya dipegang oleh GoTo, yakni PT Bank Jago Tbk. (ARTO), PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA), PT Multipolar Tbk. (MLPL), dan PT Blue Bird Tbk. (BIRD).

Berdasarkan keterbukaan informasi terakhir di BEI, ASII menyuntikkan modal di GoTo sebanyak US$250 juta atau setara dengan Rp3,57 triliun (kurs Rp14.300), sedangkan  TLKM berinvestasi melalui anak usahanya yakni Telkomsel sebanyak dua kali, masing-masing US$150 juta atau Rp2,14 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Efek Domino IPO GoTo pada Emiten Terafiliasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.