Mengukur Inflasi Akhir 2022, Menguji Daya Tangkis Efek Eksternal

Pada November 2022, angka inflasi menunjukkan penurunan. Namun, tantangan eksternal masih harus dihadapi. Dampak kenaikan suku bunga di negara maju menekan nilai tukar rupiah, sementara produk asing juga mengancam daya saing produk buatan di dalam negeri.

Saeno

4 Des 2022 - 17.54
A-
A+
Mengukur Inflasi Akhir 2022, Menguji Daya Tangkis Efek Eksternal

Ilustrasi-Kerudung impor buatan China. Selain mengantisipasi risiko inflasi dari dalam negeri, pemerintah juga diminta ancaman dari luar termasuk membanjirnya produk impor ke dalam negeri yang mengacam produksi nasional./Istimewa-ADB

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah sedang berupaya untuk memastikan inflasi akhir tahun tetap terkendali. Sementara itu, pada November  2022, angka inflasi menunjukkan penurunan. Namun, tantangan eksternal masih harus dihadapi. Dampak kenaikan suku bunga di negara maju menekan nilai tukar rupiah, sementara produk asing juga mengancam daya saing produk buatan di dalam negeri.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS),  Kamis (1/12/2022), inflasi pada November 2022 secara tahunan mencapai 5,42 persen yoy. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan inflasi pada Oktober 2022 sebesar 5,71 persen. 

Inflasi November tercatat sebagai yang terendah dalam 3 bulan terakhir. Kendati demikian, angka tersebut masih berada di atas batas atas target Bank Indonesia (BI) selama enam bulan berturut-turut.  BI menargetkan inflasi di kisaran 2 - 4 persen.

Pada November 2022 inflasi inti tercatat di level 3,30 persen secara tahunan, masih mendekati level tertinggi dalam tiga tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Inflasi Akhir 2022, Menguji Daya Tangkis Efek Eksternal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.