Mengukur Kekuatan Indonesia Menjadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Ada perhitungan yang menyebutkan Indonesia sudah 29 tahun berkubang dalam kubangan middle income trap. Sementara waktu untuk bisa menuju kelompok negara berpenghasilan tinggi hanya tingga; 12 hingga 14 tahun. Lantas seberapa kuat Indonesia bisa keluar dari middle income trap?

Saeno

11 Jan 2023 - 23.24
A-
A+
Mengukur Kekuatan Indonesia Menjadi Negara Berpenghasilan Tinggi

Ilustrasi - Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018)./JIBI-Nurul Hiday.at

Bisnis, JAKARTA –  Harapan agar Indonesia segera keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah menjadi negara berpenghasilan tinggi sudah cukup lama dikumandangkan. Ada perhitungan yang menyebutkan Indonesia sudah 29 tahun berkubang dalam kubangan middle income trap. 

Sementara waktu untuk bisa menuju kelompok negara berpenghasilan tinggi hanya tingga; 12 hingga 14 tahun. Lantas seberapa kuat Indonesia bisa keluar dari middle income trap untuk berlari menuju hide income country alias negara berpenghasilan tinggi?

Dilihat dari banyaknya kekurangan yang ada selama ini, kalau mau jujur, cukup banyak yang harus dipoles di negeri ini. Belakangan Indonesia ngebut membangun infrastruktur untuk mengembangkan konektivitas.

“Tidak ada negara yang berpenghasilan tinggi jika infrastrukturnya tertinggal. Tantangan bagi kita adalah negara besar dengan geografis kepulauan. Kita harus memastikan konektivitas tidak hanya pada pulau besar tetapi juga pulau kecil. Jadi dalam hal ini bicara infrastruktur tidak sesederhana membangun jalan tol saja. Kita harus berbicara tentang konektivitas masuk di dalamnya pelabuhan, bandara, dan jaringan internet,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangan resmi Kemenkeu, dikutip Rabu (11/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.