Mengukur Peluang Penguatan IHSG di Pengujung Tahun

IHSG kerap kali menguat di bulan Desember tiap tahun, tetapi di tahun ini sejauh ini justru belum terlihat. Meski demikian, indikasi penguatan IHSG sudah mulai terlihat pekan lalu. Namun, koreksi IHSG awal pekan ini memberi sinyal yang berbeda.

Emanuel Berkah Caesario

19 Des 2022 - 19.43
A-
A+
Mengukur Peluang Penguatan IHSG di Pengujung Tahun

Ilustrasi investasi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Tinggal dua pekan lagi, pasar modal akan segera memasuki tahun baru 2023. Namun, IHSG justru turun makin jauh meninggalkan level 7.000. Efek window dressing dan santa claus rally pun terlihat belum bertaji. Lantas, adakah peluang pembalikkan arah bagi IHSG di sisa tahun ini?

Hari ini, Senin (19/12/2022), IHSG kembali ditutup memerah dengan penurunan sebesar 0,48 persen ke level 6.779,698. Dari total 13 hari perdagangan sepanjang bulan Desember 2022 ini, IHSG tercatat melemah sebanyak 10 hari di antaranya.

Meski begitu, indikasi penguatan IHSG sejatinya mulai terlihat pekan lalu. Tiga hari penguatan IHSG bulan ini semuanya terjadi pekan lalu. Walaupun hari ini IHSG kembali memerah, harapan bagi penguatannya pada sisa tahun ini sejatinya belum benar-benar pupus.

Direktur Panin Asset Management, Rudiyanto, mengatakan bahwa lonjakan IHSG pada akhir pekan lalu menjadi indikasi window dressing atau aksi poles kinerja yang dilakukan oleh emiten menjelang akhir tahun dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Peluang Penguatan IHSG di Pengujung Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.