Mengukur Potensi PNBP Penangkapan Ikan Terukur

Badan Pemeriksa Keuangan merekomendasikan sejumlah langkah untuk mengoptimalkan PNBP perizinan sektor kelautan dan perikanan termasuk pemasangan kabel laut.

Rustam Agus

1 Apr 2022 - 16.30
A-
A+
Mengukur Potensi PNBP Penangkapan Ikan Terukur

Ikan hasil tangkapan / Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Sejak awal tahun ini pemerintah sudah menerapkan konsep penangkapan ikan terukur berbasis kuota guna menjaga kesimbangan lingkungan dan menjalankan usaha perikanan yang lestari.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperhitungkan total potensi sumber daya perikanan di seluruh perairan laut mencapai sekitar 12 juta ton yang tersedia.

Namun dengan penerapan penangkapan terukur, KKP membatasi penangkapan sumber daya ikan di seluruh wilayah Indonesia maksimal 6 juta ton per tahunnya.

Apabila setiap kilogram ikan bernilai Rp20 ribu dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang diterima pemerintah sebesar 10 persen maka potensi penerimaan negara dari kegiatan penangkapan ikan bisa mencapai Rp12 triliun setahun.
 
Jadi, Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono, kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota berpotensi mendatangkan PNBP hingga Rp12 triliun dalam setahun apabila sudah berjalan dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Potensi PNBP Penangkapan Ikan Terukur

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.