Mengukur Prospek Saham Bank Jago (ARTO) di Era Suku Bunga Tinggi

Emiten bank digital besutan Jerry Ng, PT Bank Jago Tbk. (ARTO) berpotensi terkena dampak kenaikan suku bunga yang lebih besar dibandingkan dengan bank-bank besar.

Emanuel Berkah Caesario

3 Sep 2022 - 14.09
A-
A+
Mengukur Prospek Saham Bank Jago (ARTO) di Era Suku Bunga Tinggi

Nasabah berada di kantor cabang Bank Jago, Jakarta, Rabu (22/12/2021). Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA — Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia bakal membawa industri perbankan pada tantangan persaingan yang baru setelah 2 tahun terakhir menikmati era suku bunga rendah. Bagi bank digital, seperti PT Bank Jago Tbk., tantangannya boleh jadi bakal lebih berat.

Kenaikan suku bunga acuan secara perlahan bakal memaksa bank-bank untuk mulai menyesuaikan lagi suku bunga simpanan dan kreditnya. Jika suku bunga simpanan bank-bank besar papan akhirnya meningkat, besar kemungkinan nasabah penabung di bank digital akan beralih ke sana.

Hal ini lantaran bank-bank besar tersebut dipersepsikan lebih aman terhadap risiko kegagalan di tengah tantangan ekonomi yang kini makin berat. Nasabah cenderung bakal lebih bersedia untuk menoleransi bunga simpanan yang rendah, asalkan dananya aman.

Jika hal ini benar-benar terjadi, pengetatan likuiditas di bank-bank kecil, termasuk bank digital, bakal mempersulit mereka untuk melakukan ekspansi kredit. Di sisi lain, tantangan ekonomi yang berat serta inflasi kemungkinan bakal turut menghambat laju permintaan kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengukur Prospek Saham Bank Jago (ARTO) di Era Suku Bunga Tinggi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.