Mengukur Urgensi Satelit untuk Mitigasi Bencana

Indonesia perlu sekitar sembilan satelit untuk mendukung mitigasi bencana di Indonesia. BRIN berpacu untuk mengembangkan satelit berteknologi mutakhir sebagai jalan keluar.

Rayful Mudassir

27 Mar 2022 - 20.00
A-
A+
Mengukur Urgensi Satelit untuk Mitigasi Bencana

Bisnis, JAKARTA - Sebagai negara yang terletak di sekitar cincin api (ring of fire), Indonesia kerap berhadapan dengan bencana alam. Dukungan teknologi memperkuat mitigasi bencana di dalam negeri. 

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa Indonesia telah mengalami 5.402 bencana sepanjang 2021 yang tersebar di berbagai provinsi. Tercatat, sebanyak 728 jiwa hilang dalam musibah kebencanaan tersebut. 

Hal ini menunjukkan berapa bencana tidak terhindarkan terjadi di Tanah Air. Namun demikian, bencana masih dapat diantisipasi dengan mitigasi dan deteksi sedini mungkin. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Indonesia membutuhkan setidaknya sembilan satelit untuk bisa meningkatkan deteksi dini bencana secara akurat, cepat dan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.