Mengumpulkan Pundi Transaksi Mobil di GIIAS 2021

GIIAS 2021 sebenarnya diarahkan sebagai arena unjuk perkembangan teknologi otomotif, namun pameran ini juga dimanfaatkan oleh para jenama untuk mengumpulkan pundi-pundi penjualan.

Fatkhul Maskur

19 Nov 2021 - 15.10
A-
A+
Mengumpulkan Pundi Transaksi Mobil di GIIAS 2021

All New Xenia diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021. - ADM

Bisnis, JAKARTA - GIIAS 2021 sebenarnya diarahkan sebagai arena unjuk perkembangan teknologi otomotif, namun pameran ini juga dimanfaatkan oleh para jenama untuk mengumpulkan pundi-pundi penjualan.

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran tahunan yang digelar pelaku industri mobil di Indonesia. Tahun lalu, GIIAS absen karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, pameran 11 hari mampu menyedot 472.956 orang, dan meraup angka penjualan sekitar Rp7 triliun.

GIIAS 2021, 11–21 November, di ICE BSD, Tangerang Selatan, diikuti 24 merek mobil dan dua merek motor. Jumlah merek tersebut berkurang dibandingkan dengan GIIAS tahun-tahun sebelumnya. GIIAS 2019 diikuti oleh lebih dari 30 merek otomotif.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat hasil penjualan GIIAS 2021 hingga 17 November turun 29% dibandingkan dengan capaian GIIAS 2019. 

"Per Tanggal 17 November, turun 29 persen dibandingkan GIIAS 2019," kata Marketing Director and Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra kepada Bisnis, Kamis (18/11/2021).

Pada GIIAS 2019, Daihatsu mengantongi penjualan 701 unit. Model yang berkontribusi paling utama, yaitu Sigra dengan jumlah 252 unit (36%), Terios 119 unit (17%), Ayla 112 unit (16%) dan Xenia 77 unit (11%).

Model lain yang memberikan kontribusi, yaitu Granmax pikap dan minibus. Masing-masing model itu memberikan kontribusi 42 unit (6%).

Sebelumnya, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso mengatakan Daihatsu tidak memasang target khusus di GIIAS 2021. "GIIAS merupakan ajang untuk mengenalkan teknologi dan produk baru, jadi kami tidak punya target khusus dalam penjualan."

Sementara itu per Oktober 2021, Daihatsu mencatat total volume pasar domestik mencapai 677.000 unit, dan wholesales menjadi sekitar 703.000 unit. Hal ini didorong oleh bantuan pemerintah melalui relaksasi pajak (PPnBM) yang diperpanjang hingga Desember 2021.

Hingga Oktober 2021, Daihatsu tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional dengan market share untuk retail sales sebesar 17,4%, dan wholesales 18,9%.

Secara bulanan, penjualan Daihatsu pada Oktober 2021 naik menjadi 14.301 unit. Adapun tiga teratas penjualan adalah Sigra 3.905 unit atau berkontribusi 27,3%, disusul Gran Max PU 3.818 unit (26,7%), dan Ayla 2.049 unit (14,3%).

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat Brio sebagai modelnya yang terlaris di GIIAS 2021. Pemesanan Honda Brio di GIIAS 2021 sebanyak 50 unit setiap harinya. Hingga 17 November 2021, Honda Brio telah mengumpulkan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 300 unit. 

“Brio masih yang terlaris, kemudian ada Honda BR-V dan Honda City Hatchback," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy di GIIAS saat ditemui di arena GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (18/11/2021).

Kendati demikian, Honda tidak memasang target penjualan mobil Honda Brio selama di GIIAS 2021. "Tapi kalau dilihat dari pemesanannya, ini sangat baik. Kami akan terus pantau sampai dengan hari terakhir nanti," ucap Billy.

Sementara itu, kehadiran model baru turut membantuk MG Motors Indonesia menambah pundi penjualannya di GIIAS 2021. Pada pameran ini, Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin menjelaskan bahwa MG 5 GT ini merupakan salah satu cara bagi mereka untuk menjawab ekspektasi para konsumen.

MG 5 GT mengusung tema Shark-hunting Front Face pada wajah barunya, yang membuat mobil ini tampil lebih sportif. Lekukan bodi spionnya menonjolkan kesan MG 5 GT sebagai mobil yang agresif, dinamis, sporty, tetapi tetap cocok dikendarai harian.

Model lain yang dibawa MG Motor Indonesia ke ajang GIIAS 2021 adalah MG ZSm MG HS, MG Liverpool FC Limited Edition, MG 5 EV dan MG ZS EV.

Untuk menarik pembeli, MG Motors Indonesia juga memberikan promo khusus untuk pelayanan purnajual dalam bentuk garansi 5 tahun tanpa batasan kilometer, biaya perawatan gratis hingga 100.000 km atau 5 tahun, voucher Thule senilai Rp2 juta, voucher BBM senilai Rp2 juta, serta gratis kaca film V-Kool.

Tak hanya MG Indonesia, merek lainnya pun menebar promo khusus sebagai bagian dari upaya menarik pembeli dan mengumpulkan lebih banyak pundi-pundi dari transaksi di ajang pameran ini.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.