Mengundang Parkir Devisa Hasil Ekspor Dengan Insentif BI

Bank Indonesia mulai mengimplementasikan insentif penempatan DHE dengan instrumen operasi moneter (OM) valas baru berupa term deposit valas. BI menggandeng 19 perbankan untuk menampung DHE dari para eksportir sumber daya alam (SDA). BI juga sudah melakukan pertemuan dengan 221 eksportir.

Saeno

1 Mar 2023 - 20.01
A-
A+
Mengundang Parkir Devisa Hasil Ekspor Dengan Insentif BI

Ilustrasi - Aktivitas bongkar muat. Bank Indonesia sejak Rabu 1 Maret 2023 menerapkan insentif bagi eksportir yang menerapkan DHE di dalam negeri./Bisnis- Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA – Mulai Rabu (1/3/2023) Bank Indonesia resmi menerapkan aturan term deposit valuta asing atau valas. Bank Indonesia mulai mengimplementasikan insentif penempatan DHE dengan instrumen operasi moneter (OM) valas baru berupa term deposit valas. BI telah menggandeng 19 perbankan untuk menampung DHE dari para eksportir sumber daya alam (SDA). BI juga sudah melakukan pertemuan dengan 221 eksportir.
 
Term deposit valas merupakan instrumen penempatan dana hasil ekspor (DHE) oleh eksportir melalui perbankan yang diteruskan ke Bank Indonesia. 

“Kami sudah mengeluarkan Peraturan BI [terkait DHE], kami sudah diskusi kemarin dan 19 bank sudah signing. Kami juga sudah bertemu dengan sebanyak 221 eksportir. Kami sudah siap launching [term deposit valas DHE] di Maret ini,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Selasa (28/2/2023). 

Agar DHE ditempatkan lebih lama di dalam negeri, BI akan memberikan insentif baik bagi para eksportir maupun perbankan. Bagi eksportir, BI menawarkan tingkat imbal hasil yang lebih menarik dibandingkan negara lain, dengan memperhatikan indikasi suku bunga valas counterparty BI di luar negeri. 

BACA JUGA : Siasat Bertahan Sambil Memarkir Pulang Devisa Hasil Ekspor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.