Mengungkit Daya Saing Jasa Konsultan Konstruksi Tanah Air

Pada 2019 sebelum masa pandemi Covid-19, jumlah anggota Inkindo sebanyak 6.359 badan usaha. Jumlah ini semakin menurun pada akhir tahun 2022 menjadi 4,806 badan usaha.

Yanita Petriella

24 Mei 2023 - 23.21
A-
A+
Mengungkit Daya Saing Jasa Konsultan Konstruksi Tanah Air

Ilustrasi Jasa Konsultan Konstruksi. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Perusahaan jasa konsultan di Indonesia tengah menghadapi sejumlah tantangan yang sulit. Padahal, jasa konsultan memiliki peranan penting dalam sebuah pembangunan infrastruktur.

Ketua Umum DPN Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Erie Heryadi mengatakan tren jumlah badan usaha anggota Inkindo dalam lima tahun terakhir menunjukkan angka yang semakin menurun. Pada 2019 sebelum masa pandemi Covid-19, jumlah anggota Inkindo sebanyak 6.359 badan usaha. Jumlah ini semakin menurun pada akhir tahun 2022 menjadi 4,806 badan usaha. 

Dia menuturkan penurunan jumlah anggota ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti pandemi Covid-19, pekerjaan-pekerjaan jasa konsultansi di pemerintahan semakin berkurang, ketersediaan tenaga ahli yang bersertifikat semakin berkurang. Kemudian, penurunan juga terjadi karena modal usaha yang semakin susah dan faktor lain yang menyebabkan pemilik perusahaan tidak lagi meneruskan usahanya

“Meskipun jumlah anggota Inkindo semakin berkurang, Inkindo harus terus aktif berperan dalam mendukung pembangunan di Indonesia dan tetap menjadi organisasi pembelajaran (learning organization) yang stabil dan elastis,” ujarnya, Rabu (24/5/2023).  

Menurutnya, tantangan dunia usaha ke depannya semakin berat, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan melalui lelang-lelang pekerjaan yang bersumber dari dana pemerintah semakin sulit. 

“Belum lagi persyaratan-persyaratan berusaha semakin ketat karena mengikuti ketentuan peraturan yang baru yang menuntut tingkat kompetensi baik tenaga ahli maupun badan usaha yang semakin berat,” katanya. 

Baca Juga: Seribu Jurus Tingkatkan Daya Saing Konsultan Nasional

Pihaknya terus mendorong anggota untuk meningkatkan kapasitas atau kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal ini agar jumlah anggota Inkindo tak lagi menurun. 

Anggota Inkindo diharapkan dapat terus menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk negara dan bangsa serta berwawasan lingkungan, sesuai dengan perkembangan zaman,” ucapnya.

Di sisi lain, Inkindo mendorong pemerintah agar segera menerbitkan Peraturan Presiden (perpres) tentang peningkatan daya saing jasa konsultasi non konstruksi. Perpres tersebut dapat memperkuat peran jasa konsultasi dalam mendukung pembangunan nasional. Inkindo berharap juga dapat dilibatkan dalam menyusun aturan turunan dari Perpres tersebut, sekaligus terlibat dalam Pokja bersama dengan Kementerian PPN/ Bappenas.

Untuk diketahui, Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada tanggal 24 Mei hingga 26 Mei 2023. 

Dari Rakernas ini, diharapkan Inkindo dapat sebagai asosiasi yang kuat dan berkualitas dengan anggota badan usaha dan tenaga ahli yang memiliki daya saing dan memiliki kemandirian. Dengan demikian, siap dan mampu berperan aktif dalam mendukung pembangunan Indonesia dan turut serta dalam kancah internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.