Mengungkit Investasi Hulu Migas

Optimisme terus menggelora di sektor minyak dan gas bumi Indonesia. Di tengah melandainya investasi hulu migas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas memastikan bahwa realisasi investasi hulu migas pada 2022 tetap memperlihatkan performa positif.

Redaksi

12 Des 2022 - 08.30
A-
A+
Mengungkit Investasi Hulu Migas

Pertamina EP Cepu telah menyelesaikan tahapan completion yang merupakan proses pemasangan tubing (pipa produksi) beserta seluruh kelengkapannya. Sejauh ini, Proyek JTB yang dioperatori PEPC mencapai 17.391.921 Jam Kerja Selamat. Istimewa/ Pertamina

Bisnis, JAKARTA - Optimisme terus menggelora di sektor minyak dan gas bumi Indonesia. Di tengah melandainya investasi hulu migas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas memastikan bahwa realisasi investasi hulu migas pada 2022 tetap memperlihatkan performa positif.

Kendati realisasi investasi hulu migas pada pengujung 2022 diproyeksikan berada di kisaran US$12,1 miliar, atau lebih rendah dari target awal sebesar US$13,2 miliar, tetapi angka tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan 2021. Berdasarkan data SKK Migas, investasi hulu migas pada 2021 berada di angka US$10,9 miliar. 

Belum tercapainya target investasi ini dipengaruhi oleh aktivitas kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang cenderung menahan investasi mereka pada portofolio berisiko, kendati harga minyak mentah dunia di pasar global saat ini masih tertahan di posisi yang relatif tinggi.

Upaya investor menahan investasi ini bertujuan menjaga posisi keamanan kas dari ancaman krisis global. Dana yang diperoleh KKKS digunakan untuk membayar utang ke investor.

Kendati investasi hulu migas masih dinilai positif tetapi masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Mulai dari kepastian hukum lantaran revisi Undang-Undang No. 22/2001 tentang Minyak dan Gas belum kunjung usai. 

Padahal, hasil dari revisi UU tersebut menjadi salah satu parameter yang ditunggu-tunggu oleh investor terkait kepastian hukum atas investasi yang ditanamkan. Masalah itu seringkali ditambah dengan pembebasan lahan yang sulit dan memakan waktu, termasuk munculnya isu sosial di wilayah kerja migas. 

Beberapa masalah yang mengganjal investasi hulu migas direspons pemerintah dengan menerapkan kebijakan percepatan proses perizinan investasi. Dari target waktu penyelesaian perizinan maksimal 3 hari, diubah menjadi rata-rata waktu penyelesaian perizinan di sektor hulu migas hanya 1,03 hari.

Cepatnya proses perizinan mendorong KKKS segera melanjutkan rencana kerjanya. Percepatan proses izin yang terus menjadi perhatian pemerintah. 

Harian ini menilai langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengungkit investasi sektor hulu migas sudah berada dalam lintasan yang tepat. Namun, kecepatan dalam menyelesaikan serangkaian pekerjaan rumah membutuhkan perhatian lebih.

Revisi UU Migas, misalnya yang tertunda sekian lama merupakan kunci penting dalam menarik perhatian investor. Upaya menarik perhatian pemodal menjadi penting, pasalnya investasi migas masuk dalam kategori jangka panjang dengan tenor rata-rata lebih dari 20 tahun. 

Selain itu, sebagian besar cadangan migas terbukti dan belum diproduksi, baik di darat maupun lepas pantai berada di kawasan timur yang membutuhkan investasi besar untuk memproduksikannya. Di sisi lain, Indonesia berkejaran dengan negara produsen migas global yang turut menawarkan kemudahan investasi di negara mereka. Ceruk investasi migas pun makin sempit. 

Berdasarkan riset Rystad Energy, pada 2022, nilai investasi migas global hanya tumbuh 5%. Kondisi ini tentu saja perlu disikapi dengan menerapkan strategi yang lebih tepat sasaran untuk menjaring kebutuhan investor agar sektor migas nasi-onal dapat bersaing dan tidak jauh tertinggal di belakang. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.