Mengungkit Lagi Performa Industri Galangan Kapal

Setelah menghadapi tantangan berat akibat pandemi Covid-19, industri perkapalan mulai bangkit kembali. Sederet kapal dari galangan lokal meluncur ke lautan pada periode awal tahun ini.

Fatkhul Maskur

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Mengungkit Lagi Performa Industri Galangan Kapal

TNI Angkatan Laut (AL) meluncurkan dua kapal patroli cepat 60 meter (PC-60 M) karya anak bangsa, yakni KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875. - Foto Antara

Bisnis, JAKARTA - Setelah menghadapi tantangan berat akibat pandemi Covid-19, industri perkapalan mulai bangkit kembali. Sederet kapal dari galangan lokal meluncur ke lautan pada periode awal tahun ini.

Pada Kamis (9/6/2022), KMP Sultan Murhum II resmi meluncur dari galangan kapal di Makassar milik PT Industri Kapal Indonesia (Persero). Kapal motor penumpang ini melayani rute penyeberangan perintis Kamaru–Kaledupa–Tomia–Binongko yang merupakan deretan pulau di Wakatobi. Frekuensinya empat kali perjalanan dalam sepekan. 

KMP Sultan Murhum II memiliki kecepatan dinas 13 knot dan mampu mengangkut 262 penumpang, 16 truk sedang, dan 26 kendaraan kecil. KMP Sultan Murhum II dikerjakan oleh PT IKI atas pesanan Kementerian Perhubungan. Proyek senilai Rp39,3 miliar tersebut diselesaikan dalam waktu 16 bulan sejak September 2020.

IKI saat ini merupakan perusahaan BUMN yang dititipkelolakan kepada PPA melalui Surat Kuasa Khusus dari Menteri BUMN. Dalam perjalanannya, PPA melakukan strategi turnaround melalui pembenahan dan transformasi untuk menjadikannya sebagai BUMN galangan kapal terbaik dengan model bisnis berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengungkit Lagi Performa Industri Galangan Kapal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.