Mengungkit Pasok Minim Susu Bahan Baku

Produksi susu dalam negeri baru mampu memasok 20% kebutuhan bahan baku industri. Sederet program diluncurkan untuk meningkatkan pasokan dalam negeri.

Afiffah Rahmah Nurdifa

27 Mei 2024 - 17.41
A-
A+
Mengungkit Pasok Minim Susu Bahan Baku

Peternak memerah susu sapi, di Subang, Jawa Barat. - Foto Bisnis-Rachman

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat total kapasitas produksi pengolahan susu saat ini mencapai 4,64 juta ton. Dengan jumlah tersebut, Indonesia baru mampu memasok 20% susu bahan baku.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan realisasi investasi industri pengolahan susu hingga 2023 mencapai Rp23,4 triliun dan telah menyerap 37.000 tenaga kerja.

"Saat ini kondisi perkembangan sektor ini cukup baik, sudah ada 88 pabrk industri pengolahan susu dan turunannya, dengan total kapasitas produksi mencapai 4,64 juta ton per tahun," ujar Putu, dikutip Minggu (26/5/2024).

Adapun, produksi terbesar di industri pengolahan susu saat ini lebih banyak produsen susu cair dan krim dengan porsi 49%, susu kental manis 17%, dan susu bubuk 17,5%. Sementara, produk unggulan ekspor yakni susu formula, makanan bayi, es krim, yogurt, susu bubuk, susu kental manis, serta susu cair dan krim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.