Mengurai Ekonomi Minyak Goreng

Pembelajaran ekonomi Indonesia dalam sejarah menunjukkan bahwa subsidi bukan merupakan tools jangka panjang yang baik dalam pembangunan.

Freddy Halasan

8 Apr 2022 - 09.00
A-
A+
Mengurai Ekonomi Minyak Goreng

Freddy Halasan, Senior Analyst on APA, MAP and Transfer Pricing Directorate General of Taxes.

Saat ini, terdapat perbedaan pandangan yang beredar di masyarakat yang disparitas pengetahuannya sangat berbeda atas penyebab naiknya harga minyak goreng. Sebagian berpandangan bahwa adanya mafia minyak goreng. Sebagian lain berpendapat bahwa kenaikan harga minyak goreng disebabkan oleh menurunnya produksi sawit dan meningkatnya permintaan di pasar Eropa.

Mafia atau kartel minyak goreng memang bisa saja benar ada, dan hal ini sedang ditelisik oleh pihak yang berwenang. Dalam teori ekonomi, kemungkinan adanya rent seeker sudah termasuk dalam kerangka pemikiran ekonomi pada hukum penawaran-permintaan. 

Mungkin pemerintah dapat berusaha untuk mengatasi eksternalitas pencari rente dengan mengurangi asimetri informasi antara penawaran dan permintaan pada minyak goreng. Di sini, peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha menjadi sangat penting.

Perlu kita ingat kembali, bahwa produk turunan minyak sawit tidak hanya minyak goreng semata. Minyak nabati ini sudah lama digunakan sebagai campuran pada bio solar dan produk dasar pada industri makanan dan kecantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengurai Ekonomi Minyak Goreng

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.