Mengurai Prospek & Dinamika Harga Batu Bara di Beberapa Kawasan

Harga komoditas batu bara kembali menguat di tengah upaya dunia untuk memenuhi target iklimnya. Meskipun di beberapa negara kawasan harga batu bara diprediksi masih melanjutkan penurunan, seperti di Indonesia.

Tim Redaksi

22 Nov 2023 - 16.20
A-
A+
Mengurai Prospek & Dinamika Harga Batu Bara di Beberapa Kawasan

Uap di pembangkit listrik berbasis batu bara yang berlokasi di Latrobe Valley, Australia pada Rabu (29/4/2015). - Bloomberg/Carla Gottgens

Bisnis, JAKARTA— Harga komoditas batu bara kembali menguat di tengah upaya dunia untuk memenuhi target iklimnya. Meskipun di beberapa negara kawasan harga batu bara diprediksi masih melanjutkan penurunan, seperti di Indonesia. 

Berdasarkan data Bloomberg, harga batu bara ICE Newcastle kontrak Desember 2023 menguat 1,45% atau 1,80 poin ke level US$125,80 per metrik ton. Kemudian, batu bara ICE Newcastle kontrak Januari 2024 juga menguat 0,95% atau 1,20 poin ke level US$127,55 per metrik ton.

 Mengutip Reuters, Rabu (22/11/2023) lobi VDKi menuturkan bahwa para importir batu bara keras Jerman ingin pemerintah memperpanjang pengoperasian pembangkit listrik batu bara keras, melewati batas waktu Maret 2024.  VDKi juga menuturkan bahwa konflik  di Ukraina dan Timur Tengah membuat konsumen Eropa dan Jerman rentan terhadap guncangan pasokan energi. Kondisi ini membuat gas alam cair (LNG), alternatif pembakaran batu bara untuk listrik, menjadi komoditas yang tidak stabil.

Sementara, Prancis yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) berencana untuk menghentikan pendanaan swasta untuk pembangkit listrik berbasis batu bara dalam konferensi iklim PBB bulan ini. Kabar ini juga sudah disampaikan kepada India. Hal ini juga dapat memperdalam perpecahan di KTT COP28 di Dubai mulai 30 November hingga 12 Desember 2023. Adapun India dan China menentang upaya apapun untuk menghentikan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara untuk memenuhi kebutuhan energi mereka yang besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mengurai Prospek & Dinamika Harga Batu Bara di Beberapa Kawasan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.