Menilik Agresivitas Mubadala Berburu Gas di Perairan Laut Aceh

Mubadala Energy berhasil menemukan potensi gas jumbo mencapai 6 triliun kaki kubik (Tcf) dari sumur eksplorasi Layaran-1 Blok South Andaman, setelah sebelumnya perusahaan migas asal Uni Emirat Arab itu juga menemukan potensi gas di Timpan-1, Andaman II.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi & Ibeth Nurbaiti

21 Des 2023 - 10.09
A-
A+
Menilik Agresivitas Mubadala Berburu Gas di Perairan Laut Aceh

Fasilitas pengeboran sumur Timpan-1 di Blok Andaman yang dilakukan Mubadala Energy bersama Premier Oil Andaman Ltd. Istimewa/Dok. Mubadala Energy

Bisnis, JAKARTA — Sukses menemukan potensi gas jumbo di Laut Andaman, Mubadala Energy kian getol melanjutkan kegiatan pengeboran di perairan yang terbentang di Blok Andaman II dan South Andaman. 

Di konsesi Andaman II, Mubadala Energy bersama BP mengimpit saham minoritas, sedangkan Harbour Energy lewat anak usahanya Premier Oil menjadi operator dengan hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 40%. Sementara itu, di blok South Andaman, Mubadala Energy bertindak sebagai operator dengan hak partisipasi 80% dan Premier Oil memegang PI minoritas 20%.

Baru-baru ini, Mubadala Energy berhasil menemukan potensi gas jumbo mencapai 6 triliun kaki kubik (Tcf) dari sumur eksplorasi Layaran-1 Blok South Andaman, setelah sebelumnya perusahaan migas asal Uni Emirat Arab itu juga menemukan potensi gas di Timpan-1, Andaman II.

Temuan demi temuan itu memantik Mubadala untuk terus melanjutkan eksplorasi di wilayah lepas pantai Aceh. Pada tahun depan, Mubadala Energy berencana melakukan eksplorasi di Sumur Layaran-2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menilik Agresivitas Mubadala Berburu Gas di Perairan Laut Aceh

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.