Menilik Kesiapan Investor Swasta RI Mulai Bangun Proyek di IKN

Para investor swasta bersiap mulai groundbreaking proyek properti pada pekan depan. Para investor swasta ini akan menyuntikan Rp40 triliun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

Yanita Petriella

13 Sep 2023 - 18.17
A-
A+
Menilik Kesiapan Investor Swasta RI Mulai Bangun Proyek di IKN

Jokowi-menara pandang-Presiden Jokowi saat berada di Menara Pandang, kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23-2-2023) - Humas Setkab - Agung.jpg

Bisnis, JAKARTA – Badan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) kembali memastikan investor swasta akan memulai membangun proyek di ibu kota baru Nusantara pada bulan ini tepatnya pada pekan depan. Adapun pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan menjadi komando konsorsium PMDN. Selain Aguan, juga terdapat pendiri Royal Golden Eagle (RGE) Sukanto Tanoto yang juga membidik proyek di IKN. Kemudian, pemilik Salim Group Anthoni Salim dan bos Sinar Mas Group, Franky Oesman Widjadja juga dilaporkan siap menanamkan modal untuk pembangunan proyek di IKN. Para investor swasta ini akan membangun kawasan terpadu di IKN. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan sejumlah proyek yang mulai akan dibangun pada September 2023 nanti mencakup sektor mixed use development, mulai dari pusat perbelanjaan, mal, rumah sakit, pusat olahraga, hingga hotel. Nantinya proyek tersebut akan dibangun di kawasan Sumbu Kebangsaan yang berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. OIKN ingin memprioritaskan pembangunan satu kawasan berkonsep work, live, and play. 

“Jadi ada groundbreaking di pekan depan dari mereka yang sudah siap. Penetapan alokasi lahan sedang berproses on paper-nya saja,” ujarnya, Rabu (13/9/2023). 

Kendati demikian, OIKN belum dapat membeberkan lebih lanjut jumlah investor yang akan melaksanakan groundbreaking pada hari yang sama. Saat ini diperkirakan jumlah investasi yang telah masuk ke IKN adalah sekitar Rp40 triliun, baik dari investor dalam atau luar negeri. Investasi tersebut diberikan juga untuk pembangunan berbagai bidang infrastruktur, terutama mixed-use. Kawasan ini mencakup tempat tinggal berbentuk rumah tapak maupun rumah susun (rusun), perkantoran, pusat perbelanjaan, hiburan, hingga hotel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.