Menilik Laju Penumpang Kereta Cepat WHOOSH di Akhir Tahun

jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan kereta cepat telah mencapai hingga 21.500 penumpang per hari termasuk pada momen libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini.

Lorenzo Anugrah Mahardhika & Hesti Puji Lestasi

26 Des 2023 - 13.17
A-
A+
Menilik Laju Penumpang Kereta Cepat WHOOSH di Akhir Tahun

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat 5 Agustus 2022 - Dok. KCIC

Bisnis, JAKARTA - Laju penumpang Kereta Cepat WHOOSH telah telah menembus 1 juta orang sejak pertama kali beroperasi pada pertengahan Oktober 2023. 

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan sejak mulai beroperasi komersial pada 17 Oktober 2023, WHOOSH sudah melayani 1.028.216 penumpang hingga 25 Desember 2023. Catatan 1 juta penumpang tersebut dicapai dalam kurun waktu 2 bulan beroperasi. 

Dwiyana memaparkan, jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari pada perjalanan kereta cepat telah mencapai hingga 21.500 penumpang per hari termasuk pada momen libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini. 

“Pencapaian ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan. Kami berterima kasih kepada seluruh penumpang dan ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat," katanya, Selasa (26/12/2023). 

Sementara itu, berdasarkan survey yang dilakukan KCIC, 48% penumpang Kereta Cepat WHOOSH sebelumnya merupakan pengguna mobil pribadi. Artinya, kehadiran kereta cepat berhasil membantu program pemerintah dalam mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan. 

Dwiyana menuturkan, ketersediaan fasilitas yang baik dan layanan yang efisien membuat masyarakat semakin memilih transportasi umum seperti kereta cepat. Hal ini turut berkontribusi terhadap berkurangnya ketergantungan pada mobil pribadi. 

Selain itu, capaian 1 juta penumpang diklaim menjadi salah satu bukti kereta cepat WHOOSH telah mendapatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi moda transportasi pilihan untuk perjalanan Jakarta-Bandung. 

Sejak beroperasi hingga menjelang pergantian tahun, operasional kereta cepat berjalan lancar dan mencapai zero accident. Para petugas juga telah melakukan SOP dengan baik agar kualitas pelayanan kepada penumpang bisa terjaga. 

"KCIC akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan Whoosh tetap menjadi pilihan utama untuk perjalanan masyarakat antara Jakarta dan Bandung," ujarnya. 

Sebagai gambaran, satu rangkaian KCJB terdiri dari delapan gerbong kereta dengan kapasitas penumpang 601 pelanggan. 

Berikut adalah update harga tiket kereta cepat Whoosh saat libur natal dan tahun baru.

Tak ada salahnya menghabiskan libur natal dan tahun baru dengan menjajal kereta cepat kebanggaan Indonesia, Whoosh.

Apalagi pada musim liburan seperti sekarang, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan menyediakan lebih dari 20.000 tiket Kereta Cepat WHOOSH Indonesia per harinya selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti menjelaskan, jumlah tiket tersebut untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat WHOOSH selama periode libur Nataru.

Dia mengatakan, WHOOSH dioperasikan dengan jadwal dari pukul 06.15 WIB hingga pukul 20.30 WIB setiap harinya. 

"Masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun menggunakan Kereta Cepat WHOOSH sudah dapat memesan tiket mulai h-7 di seluruh channel penjualan tiket resmi Kereta Cepat WHOOSH," jelas Emir dalam keterangan resminya.

Emir menuturkan, pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi WHOOSH, website ticket.kcic.co.id, loket, ticket vending machine, dan channel resmi mitra KCIC, yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking. 

Update harga kereta cepat Whoosh sata libur natal dan tahun baru 2024:

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, sejak tanggal 1 Desember 2023, skema promo tiket kereta cepat Whoosh ini dibagi menjadi dua waktu, yakni seharga Rp200.000 untuk Senin-Kamis dan Rp250.000 untuk Jumat-Minggu.

Cara beli tiket kereta cepat Whoosh:

1. Website ticket.kcic.co.id

  • Pemesanan mulai H-7 hingga 1 jam sebelum keberangkatan

  • Pembayaran melalui transfer bank, QRIS, E-Wallet, kartu kredit, dan gerai retail.

  • Penumpang mendapatkan QR Code yang langsung dapat digunakan untuk boarding tanpa perlu menukar tiket fisik di stasiun.

2. Ticket Vending Machine di Stasiun

  • Pemesanan mulai H-7 hingga 30 menit sebelum keberangkatan

  • Pembayaran melalui QRIS

  • Penumpang mendapatkan tiket fisik

3. Loket Pemesanan mulai H-7 hingga 30 menit sebelum keberangkatan

  • Pembayaran melalui cash, debit, kartu kredit, dan QRIS.

  • Penumpang mendapatkan tiket fisik.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.