Menilik Sebab Ekspor Manufaktur RI 2023 Merosot

Kinerja manufaktur Indonesia mengalami kontraksi cukup dalam pada 2023 di saat pertumbuhan ekonomi dunia melambat sepanjang tahun lalu. Kamar dagang dan industri Indonesia menguak penyebabkan kondisi ini dialami Indonesia.

Afiffah Rahmah Nurdifa

16 Jan 2024 - 17.18
A-
A+
Menilik Sebab Ekspor Manufaktur RI 2023 Merosot

Gambar udara tumpukan box container di Pelabuhan Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18102023). Bisnis Adam Rumansyah

Bisnis, JAKARTA – Kinerja manufaktur Indonesia mengalami kontraksi cukup dalam pada 2023 di saat pertumbuhan ekonomi dunia melambat sepanjang tahun lalu. Kamar dagang dan industri Indonesia menguak penyebabkan kondisi ini dialami Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat adanya penurunan ekspor manufaktur hingga 9,2% pada 2023. Ekspor dari industri pengolahan sebelumnya menyentuh US$206,07 miliar pada 2022. Setahun berikutnya anjlok menjadi US$186,98 miliar.

Sementara itu, produk pertanian turut melemah hingga 10,04% menjadi US$4,40 miliar, diikuti industri pertambangan terjun cukup dalam hingga 20,68% menjadi US$51,51 miliar dibandingkan dengan periode sama 2022.

Pelaksana Tugas Harian Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi mengungkapkan bahwa pemerintah perlu berinisiasi untuk memperbaiki kinerja negatif ekspor pada tahun lalu. Kinerja sektor pengolahan juga perlu digenjot produktivitasnya, seiring dengan kontribusi besar dalam menopang ekspor nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menilik Sebab Ekspor Manufaktur RI 2023 Merosot

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.