Menilik Skema Bagi Hasil Migas Anyar yang Lebih Ciamik

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pemerintah akhirnya melakukan sejumlah perbaikan syarat dan ketentuan lelang blok migas, salah satunya membuat skema kontrak bagi hasil kontraktor menjadi lebih ciamik.

Ibeth Nurbaiti

23 Mei 2023 - 20.17
A-
A+
Menilik Skema Bagi Hasil Migas Anyar yang Lebih Ciamik

Salah satu kawasan hulu minyak dan gas bumi Tanah Air. Tahun 2022 menjadi periode yang penuh dilematis bagi sektor energi nasional. Banyak peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi pemerintah dan pelaku industri yang berkecimpung di sektor energi Tanah Air. Bisnis-Dok. SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Di tengah makin menguatnya kekhawatiran banyak negara terhadap pasokan energi global, pemerintah terus berupaya menggencarkan berbagai upaya dan strategi untuk berburu investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi Tanah Air.

Terlebih, industri hulu migas nasional masih menjadi tulang punggung penerimaan negara, baik dari segi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) maupun pajak, terlebih pada saat harga minyak dalam posisi yang cukup bagus.

Sejalan dengan itu, ada target besar yang harus dicapai dalam 8 tahun ke depan, yakni produksi siap jual (lifting) minyak bumi 1 juta barel per hari (bph) dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (Bscfd) pada 2030 nanti.

Baca juga: Ironi Negeri Kaya Gas: Pasokan Melimpah, Impor LPG Jalan Terus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.