Menilik Skema 'Sewa-Milik' Agar Masyarakat Mudah Punya Rumah

Kementerian PUPR bersama dengan pengembang dan perbankan tengah menggodok skema Rent to Own (RTO) sebagai upaya untuk mengatasi backlog hunian yang semakin tinggi. Di sisi lain, platform ecommerce properti, Pinhome, tengah menawarkan program cicilan per bulan selama 20 tahun agar mudah punya rumah.

Yanita Petriella

1 Agt 2022 - 21.35
A-
A+
Menilik Skema 'Sewa-Milik' Agar Masyarakat Mudah Punya Rumah

-

Bisnis, JAKARTA – Segala upaya dilakukan pemerintah agar masyarakat memiliki rumah pertama. Terlebih sebagai upaya menekan backlog perumahan di Tanah Air yang saat ini telah mencapai 12,75 juta per tahun sesuai data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada 2020.

Angka backlog rumah yang sebanyak 12,75 juta ini terbagi dalam 3 desil yang sesuai dengan perolehan penghasilan setiap bulannya yakni untuk desil pertama mencakup desil 1-2 yang terdapat 2 juta orang membutuhkan rumah. Di desil kedua mencakup desil 3-8 terdapat 8,6 juta orang yang membutuhkan rumah. Lalu di desil ketiga 9-10 terdapat 2,1 juta orang yang membutuhkan rumah.

Selain itu juga masih terdapat backlog hunian mencapai 7 juta dan rumah tak layak huni mencapai 23 juta. Diproyeksikan angka backlog akan semakin bertambah karena penambahan keluarga baru setiap tahunnya mencapai 640.000 hingga 800.000 keluarga. Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2019 juga pernah menyebutkan sebanyak 81 juta milenial atau sekitar 31 persen populasi penduduk Indonesia belum memiliki hunian. 

Salah satu upaya yang tengah dilakukan pemerintah agar mempermudah masyarakat untuk dapat memiliki rumah yakni dengan mengkaji skema yakni Rent To Own (RTO) homes. RTO merupakan skema sewa beli rumah yang dikemas dalam perjanjian khusus yang memungkinkan konsumen dapat membeli rumah setelah beberapa tahun menyewanya. Skema ini untuk memperluas jangkauan pembiayaan perumahan khususnya bagi segmen pekerja industri, MBR formal dan MBR informal (non-fixed income).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.