Menimbang Efek Samping Rencana Investasi Huawei di IKN Nusantara

Sebagai sebuah proyek strategis nasional, IKN Nusantara juga memiliki aspek penting lain, seperti kedaulatan, keamanan, ketahanan nasional dan sejenisnya. Maka, pemerintah perlu menghindari ketergantungan berlebihan pada satu vendor teknologi, apalagi vendor asing untuk megaproyek tersebut.

Wike D. Herlinda

17 Mar 2022 - 10.00
A-
A+
Menimbang Efek Samping Rencana Investasi Huawei di IKN Nusantara

Ilustrasi smart city/istimewa

Bisnis, JAKARTA — Ibu Kota Negara Nusantara diharapkan tidak sekadar dikembangkan menjadi kota pintar, tetapi juga berkelanjutan alias smart and sustainable city. Dalam kaitan itu, manuver pemerintah menggandeng Huawei Co. Ltd. sebagai peladen teknologi di IKN dinilai sudah tepat.

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika belum lama ini menjajaki kerja sama dengan Huawei dalam penerapan teknologi 5G, khususnya untuk pengembangan kota pintar (smart city) di IKN Nusantara. 

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward menilai rencana kerja sama tersebut adalah keputusan yang wajar mengingat Huawei merupakan salah satu penyedia teknologi 5G terdepan di dunia.

(BACA JUGA:  Bertaruh Kemegahan Infrastrukur Teknologi di IKN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.