Menimbang Keuntungan & Beban Bank Jika Restrukturisasi Kredit Covid-19 Diperpanjang

Rencana perpanjangan restrukturisasi kredit Covid-19 dapat menjadi katalis positif, namun satu sisi juga dapat menjadi beban bagi bank.

Fahmi Ahmad Burhan

28 Jun 2024 - 16.17
A-
A+
Menimbang Keuntungan & Beban Bank Jika Restrukturisasi Kredit Covid-19 Diperpanjang

lustrasi penyaluran kredit perbankan./ Dok Freepik

Bisnis, JAKARTA— Jika usulan perpanjangan kebijakan stimulus restrukturisasi kredit Covid-19 disetujui bakal menguntungkan sejumlah bank meskipun ada faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan untuk memperpanjang restrukturisasi kredit Covi-19 perbankan hingga 2025. Bisnis mencatat, sisa kredit yang direstrukturisasi per 31 Maret 2024 adalah sebesar Rp228,03 triliun, menurun jika dibandingkan dengan posisi pada akhir 2023 yang sebesar Rp265,78 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan, secara umum perpanjangan restrukturisasi kredit Covid-19 akan baik sampai kemudian outstanding restrukturisasi di perbankan berkurang.

Langkah tersebut nantinya juga dapat mengontrol permasalahan kredit bermasalah atau nonperforming loan/NPL khusus di kredit usaha rakyat (KUR) serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) membaik. Debitur pun mampu melakukan pembayaran secara teratur sehingga tidak jadi beban bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.