Menimbang Prospek Saham Teknologi Usai Tersulut PHK GOTO

GOTO menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang melantai di pasar modal. Sehingga tidak menutup kemungkinan, fenomena PHK dapat menjadi katalis negatif pasar saham sektor teknologi khususnya.

Asteria Desi Kartikasari

19 Nov 2022 - 15.52
A-
A+
Menimbang Prospek Saham Teknologi Usai Tersulut PHK GOTO

Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— Kabar pemutusan hubungan kerja atau PHK dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.(GOTO) terhadap 1.300 karyawan menimpulkan polemik tersendiri bagi pasar modal. 

GOTO menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang melantai di pasar modal. Sehingga tidak menutup kemungkinan, fenomena tersebut dapat menjadi katalis negatif pasar saham sektor teknologi khususnya. Kondisi tersebut tercermin dari indeks teknologi masih terkoreksi hingga 23,53 persen year-to-date (YtD). 

Lantas apakah perusahaan berbasis teknologi masih menarik bagi investor jika melakukan initial public offering (IPO)? Menanggapi hal tersebut, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan sektor perusahaan  apa saja yang akan mencari dana melalui pasar modal atau IPO, investor akan melihat bisnis dari calon emiten itu.

Dalam konteks sektor teknologi, menurut Nico tidak serta merta seluruh perusahaan sektor teknologi memiliki kinerja buruk. Misalnya saja, ada kemungkinan perusahaan yang bergerak di bidang cloud data center, maupun infrastruktur juga memiliki prospek yang menarik.
 
Terlebih lagi, rencana bisnis daripada calon emiten kedepan juga akan menjadi pertimbangan calon investor. Sementara dalam konteks aplikasi, investor akan mempertimbangkan ekosistem daripada aplikasi yang ditawarkan oleh calon emiten.
 
“Itu semua akan menentukan seberapa jauh pelaku pasar dan investor akan tertarik untuk membeli saham IPO di sektor teknologi,” ujar Nico kepada Bisnis dikutip Sabtu (19/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menimbang Prospek Saham Teknologi Usai Tersulut PHK GOTO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.