Meningkatkan TKDN Ponsel Apple melalui Penguatan SDM

Mayoritas telepon pintar yang diimpor ke Indonesia merupakan produk Apple. Pemerintah ingin perusahaan asal Amerika Serikat itu meningkatkan TKDN.

Akbar Evandio

18 Apr 2024 - 14.49
A-
A+
Meningkatkan TKDN Ponsel Apple melalui Penguatan SDM

Pengungun sedang melihat telepon pintar milik Apple. Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis, JAKARTA – Indonesia diyakini menjadi pasar yang sangat penting dalam menyerap produk dari Apple Inc. Mayoritas telepon pintar impor bersumber dari perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bahwa Indonesia mengimpor 2,79 juta unit ponsel pintar atau smartphone pada 2022. Dari total tersebut, 85% di antaranya merupakan produk dari Apple.

"Dari 2,79 juta unit itu boleh saya sampaikan 85% adalah Apple product," katanya kepada wartawan di Istana Merdeka, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Rayuan Pemerintah Agar Tim Cook Bangun Pabrik Apple di RI

Agus menjelaskan bahwa mengatakan Indonesia ingin produk Apple lebih banyak menggunakan komponen dalam negeri lewat investasi di Indonesia. Salah satunya melalui menguatan sumber daya manusia (SDM).

"Apple ini salah satu pendekatan yang sangat unik yang kita ambil untuk menghitung TKDN [tingkat komponen dalam negeri]. Itu berdasarkan investasi dan investasi mereka itu adalah di dalam membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon pengembang. Namanya Apple Developer Academy," ujar Agus.

Menperin juga mendorong komitmen dari Apple Inc. untuk membangun pabrik di Indonesia. Pasalnya, industri di Indonesia sudah memiliki ekosistem komponen handphone yang lengkap.

 

 

"Itu [komitmen membangun pabrik] juga yang ingin kami dorong. Bahwa sebetulnya komponen-komponen handphone itu sudah siap ada di Indonesia. Baterainya kabelnya dan lain-lain, itu kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Sementara itu, CEO Apple Inc. Tim Cook menyampaikan pandangannya terhadap Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). 

Tim Cook mengaku sangat mencintai suasana Indonesia. Khususnya, terkait dengan sentimen pasar terhadap produk mereka. 

Baca juga: Menperin: RI Impor 2,79 Juta Unit Ponsel, 85% Produk Apple

Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan Jokowi, Agus, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Istana Negara, kemarin.

“Saya senang berada di Indonesia. Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami, dan saya berbicara baik dengan Presiden mengenai komitmen kami terhadap negara ini,” ujar Tim Cook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.