Menjadikan Jakarta Sebagai Pusat Perdagangan Global Usai Tak Lagi Ibu Kota

Jakarta saat ini tak lagi menyandang status daerah khusus ibukota (DKI) tetapi menjadi daerah khusus Jakarta (DKJ). Dengan status DKJ ini penataan kota Jakarta mendatang diperlakukan pelibatan daerah sekitar kawasan aglomerasi Jabodetabekpunjur.

Yanita Petriella

22 Apr 2024 - 23.03
A-
A+
Menjadikan Jakarta Sebagai Pusat Perdagangan Global Usai Tak Lagi Ibu Kota

Gedung perkantoran di Jakarta /dok Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Lahirnya Undang Undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) yang telah disetujui pada 28 Maret 2024 menandakan babak baru bagi Jakarta yang nanti tak lagi menyandang status ibu kota Indonesia. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan UU DKJ ini bukan sekadar perubahan nama tetapi juga tonggak penting dalam evolusi fungsi dan peran sekaligus misi Jakarta sebagai kota global dan pusat perdagangan dunia.

“UU DKJ ini memberikan kewenangan khusus kepada Jakarta untuk fokus mengembangkan visinya sebagai pusat perdagangan dan kota global,” ujarnya, Senin (22/4/2024). 

Menurutnya, dengan lahirnya UU DKJ ini membuat peran Jakarta sebagai pusat ekonomi nasional tak perlu diragukan lagi. Selama ini, kontribusi Jakarta terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 17% jauh melampaui daerah lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.