Menjaga APBN Tidak Terempas dari Roller Coaster Ekonomi Dunia

Perekonomian seperti sedang menaiki wahana roller coaster. Ada saat melambung tinggi, lantas harus siap-siap menukik jauh ke bawah. Hal itu pula yang kini sedang diwaspadai pemerintah.

Saeno

12 Mar 2022 - 01.08
A-
A+
Menjaga APBN Tidak Terempas dari Roller Coaster Ekonomi Dunia

Ilustrasi - Roller coaster/vekoma.com

Bisnis, JAKARTA - Kondisi saat ini membuat perekonomian seperti sedang menaiki wahana roller coaster. Ada saat melambung tinggi, lantas harus siap-siap menukik jauh ke bawah. Hal itu pula yang kini sedang diwaspadai pemerintah.

Belakangan kenaikan harga komoditas menunjukan angka yang mencengangkan. Batu bara melonjak dan memberi potensi keuntungan besar bagi Indonesia. Tapi, lonjakan harga minyak dunia akan mendongkrak kenaikan ICP. Harga minyak dunia melesat ke angka $135 dari US$0 per barel saat awal pandemi di 2020.

Kenaikan ICP menyebabkan harga keekonomian BBM meningkat. Beban subsidi BBM dan LPG serta kompensasi BBM dalam APBN pun akan bertambah.

Menurut Kementerian ESDM, setiap kenaikan $1 per barel berdampak pada kenaikan subsidi LPG sekitar Rp1,47 triliun, subsidi minyak tanah sekitar Rp49 miliar, dan beban kompensasi BBM lebih dari Rp2,65 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menjaga APBN Tidak Terempas dari Roller Coaster Ekonomi Dunia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.