Menjaga Arus Cuan Pariwisata Selepas MotoGP Mandalika

Ingar bingar ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) digadang-gadang mengalirkan multiplier effect senilai Rp500 miliar dengan menciptakan 35.000—50.000 lapangan kerja baru.

Wike D. Herlinda

18 Mar 2022 - 18.00
A-
A+
Menjaga Arus Cuan Pariwisata Selepas MotoGP Mandalika

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira (depan) melaju di depan para pembalap lainnya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). /Antar Foto-Andika Wahyu-YU\r\n

Bisnis, JAKARTA — Tidak dapat dimungkiri pergelaran internasional bergengsi seperti MotoGP Mandalika bakal memberi efek luberan terhadap perekonomian daerah maupun nasional, khususnya di sektor pariwisata. 

Namun, haruskah turisme Indonesia terus bergantung pada agenda internasional untuk bisa kembali pulih? Bagaimana caranya agar efek positif dari ajang-ajang global terjaga bahkan setelah selesai dihelat?

Sebagai gambaran, ingar bingar ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) digadang-gadang mengalirkan multiplier effect senilai Rp500 miliar dengan menciptakan 35.000—50.000 lapangan kerja baru.

"Dengan berbagai dukungan yang dilakukan, kami mengharapkan tentunya sinergitas dari kita semua,” kata Direktur Event Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dessy Ruhati, Jumat (18/3/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.