Menjaga Denyut Investasi di Masa Penuh Tantangan

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat porsi investasi kuartal I/2024 sudah hampir 25% dari target sehingga menambah optimisme pemerintah memenuhi target Rp1.650 triliun tahun ini. Namun, berbagai tantangan dari sisi eksternal bakal menjadi pertimbangan besar para invstor.

Tim Redaksi

29 Apr 2024 - 20.22
A-
A+
Menjaga Denyut Investasi di Masa Penuh Tantangan

Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis, JAKARTA - Realisasi investasi pada kuartal I/2024 masih sesuai jalur untuk memenuhi target Rp1.650 triliun tahun ini, meski dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti konflik geopolitik dan kebijakan moneter yang masih beradaptasi terhadap gejolak rupiah. 

Realisasi investasi yang dicatat oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencapai Rp401,5 triliun pada kuartal I/2024, tumbuh sebesar 22,1% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.  

Capaian tersebut sebesar 32,4% dari target Renstra 2024 sebesar Rp1.239,3 triliun, atau mencapai 24,3% dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar Rp1.650 triliun pada tahun ini.

Denyut penanaman modal di Tanah Air bakal makin terasa setelah ada kepastian transisi kepemimpinan, terutama setelah hasil final terpilihnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden. Namun, komposisi kabinet menteri juga bisa memengaruhi minat investasi di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.