Menjaga Deru Mesin Produksi

Di tengah kondisi perekonomian yang belum membaik, pemerintah memberikan angin segar kepada industri manufaktur. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada akhir tahun lalu menge-luarkan aturan tentang harga pembelian gas bumi bagi sektor usaha tertentu.

Fatkhul Maskur

7 Jan 2023 - 09.30
A-
A+
Menjaga Deru Mesin Produksi

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau showroom di pabrik baru PT Kohler Manufacturing Indonesia. Fasilitas tersebut memiliki kapasitas produksi terpasang 1 juta unit dengan produk kitchen and bath yang sudah mulai berproduksi sejak Januari 2022 dengan kebutuhan tenaga kerja sebanyak 655 orang di Cikarang, Jawa Barat (15/8/2022) - Foto Kemenperin

Bisnis, JAKARTA - Di tengah kondisi perekonomian yang belum membaik, pemerintah memberikan angin segar kepada industri manufaktur. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada akhir tahun lalu menge-luarkan aturan tentang harga pembelian gas bumi bagi sektor usaha tertentu.

Dalam regulasi bernomor 15/2022 tentang Tata Cara Penetapan Pengguna Gas Bumi Tertentu dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri yang diterbitkan pada 23 Desember 2022, Menteri ESDM menetapkan harga gas bumi untuk tujuh industri penerima maksimal sebesar US$6 per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU).

Meski kebijakan tersebut bukan hal yang baru, kehadirannya cukup meringankan kondisi industri yang semakin terjepit dengan kenaikan harga biaya produksi saat ini. Sebelumnya, pemerintah melalui Peraturan Presiden No. 40/2016 telah memberikan ruang penurunan harga bagi tujuh industri yaitu sektor pupuk, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet.

Lama diterbitkan, Perpres itu baru dilaksanakan dua tahun lalu yang ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penetapan Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri.Eksekusi yang tidak serta merta dilakukan sudah tentu memunculkan ketidakpastian bagi industri yang sudah dijanjikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.