Menjaga Momentum Pertumbuhan Manufaktur di Akhir Tahun

Konsistensi kebijakan pemerintah, insentif usaha, bantuan sosial, dan ketersediaan bahan baku, menjadi faktor penting untuk menjaga pertumbuhan manufaktur nasional di akhir tahun ini.

Nindya Aldila
Oct 7, 2022 - 1:07 AM
A-
A+
Menjaga Momentum Pertumbuhan Manufaktur di Akhir Tahun

Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. / panbrotherstbk.com

Bisnis, JAKARTA - Konsistensi kebijakan pemerintah, insentif usaha, bantuan sosial, dan ketersediaan bahan baku, menjadi faktor penting untuk menjaga pertumbuhan manufaktur nasional di akhir tahun ini.

Aktivitas manufaktur pada September yang terjaga solid yang dimotori oleh pertumbuhan permintaan meningkatkan optimisme pelaku usaha. 

Purchasing managers' index (PMI) manufaktur Indonesia yang dipublikasikan S&P Global mencatatkan 53,7 pada September, naik dari 51,7 pada Agustus. Perbaikan permintaan mengarah pada kenaikan produksi dan ketenagakerjaan yang lebih kuat selama bulan September.

Kendati manufaktur menguat, perubahan kebijakan pemerintah dan otoritas moneter, serta sentimen global telah menciptakan tantangan bagi aktivitas pelaku usaha di sektor riil. 

Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menjaga Momentum Pertumbuhan Manufaktur di Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ