Menjaga Stamina Daya Beli

Kenaikan inflasi ini tentu akan menekan daya beli masyarakat, yang sebenarnya belum pulih akibat dampak pandemi. Oleh sebab itu, agar denyut pertumbuhan ekonomi bisa bekerja prima seperti yang diharapkan, maka kebijakan harus diarahkan untuk menjaga stamina daya beli.

Bisnis Indonesia Resources Center

30 Mar 2022 - 09.00
A-
A+
Menjaga Stamina Daya Beli

DESMON SILITONGA, Riset Analis PT Capital Asset Management. - Foto BisnisIndonesia

Bisnis, JAKARTA - Invasi militer yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina pada 24 Februari 2022 telah memantik lonjakan harga komoditas (energi, logam, dan pangan). 

Satu bulan pascainvasi itu (24/3), harga minyak dunia jenis Brentnaik sebesar 20% ke level US$119/barel. Harga batu bara naik 36% ke level US$326 per ton Harga gas alam naik 18% ke level US$ 5,4 per MMBtu. 

Harga nikel naik sebesar 51% ke level US$ 37.23 per ton. Harga gandum naik sebesar 16% ke level US$1.085 per bushel. Kenaikan harga komoditas ini tidak dapat dilepaskan dari posisi Rusia sebagai lumbung komoditas dunia. 

Rusia merupakan penghasil minyak terbesar kedua di dunia dengan produksi 10,5 juta barel per hari, juga penghasil batu bara terbesar kelima di dunia dengan produksi sebesar 8,37 juta ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.