Menjaga Surplus Neraca Perdagangan

Neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2023 kembali menerakan surplus secara beruntun dalam 40 bulan terakhir. Namun demikian, selisih lebih nilai ekspor atas impor menipis.

Fatkhul Maskur

15 Sep 2023 - 19.43
A-
A+
Menjaga Surplus Neraca Perdagangan

Ekspor sepatu Indonesia. Indonesia harus memetakan negara mana saja yang pertumbuhan ekonominya tetap stabil atau minimal penurunannya tidak terlalu signifikan, terlebih di luar wilayah Eropa. - Foto Kemendag

Bisnis, JAKARTA - Neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2023 kembali menerakan surplus secara beruntun dalam 40 bulan terakhir. Namun demikian, selisih lebih nilai ekspor atas impor menipis.

Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adiningsih Widyasanti mengatakan beberapa catatan peristiwa yang mempengaruhi ekspor-impor Agustus 2023. Harga minyak kelapa sawit mengalami penurunan (mtm), sedangkan harga batubara mengalami kenaikan (m-to-m).

Ekonomi negara mitra dagang utama terlihat tetap tumbuh (yoy). Hal ini menunjukkan permintaan global masih tumbuh positif.

Pemerintah melalui Kemendag No 1283/2023 menetapkan kenaikan harga patokan ekspor produk pertambangan sebagai respons meningkatnya permintaan produk pertambangkan di pasar dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.