Menjajal Nasi Soto Ayam Kampung Legendaris Sejak 1982 Saat Mudik

Soto bukan hal yang baru untuk wisata kuliner di Surabaya, Jawa Timur. Pasalnya, banyak pelaku usaha makanan ini yang sudah melegenda dengan berjualan puluhan tahun, salah satunya Nasi Soto Ayam Kampung Pak Djayus.

Anshary Madya Sukma

20 Apr 2023 - 11.02
A-
A+
Menjajal Nasi Soto Ayam Kampung Legendaris Sejak 1982 Saat Mudik

Kedai Soto Ayam Kampung Pak Djayus yang terletak di Jalan Raya Manyar, Surabaya, Jawa Timur. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, SURABAYA - Soto bukan hal yang baru untuk wisata kuliner di Jawa Timur. Pasalnya, banyak pelaku usaha makanan ini yang sudah melegenda dengan berjualan puluhan tahun, salah satunya Nasi Soto Ayam Kampung Pak Djayus.


Tim Jelajah Lebaran 2023 Bisnis Indonesia berkesempatan mencicipi hidangan tersebut di Jl. Raya Manyar No.81, Menur Pumpungan, Surabaya, Jawa Timur pada Rabu (19/4/2023) malam. 


Bisnis ini dibangun oleh Djayus pada empat dekade lalu tepatnya pada 1982. Sebelum memulai bisnis kuliner, Djayus lebih dulu menjadi pedagang makanan olahan telur. Namun usaha itu tak berjalan sesuai harapan, hingga akhirnya banting setir ke soto ayam.  


Soto Ayam Kampung Pak Djayus semua dijajakan di pinggir jalan. Sebagai pedagang kaki lima, Djayus perlahan mengumpulkan pelanggan. Tak disangka, antusiasme pembeli selama puluhan tahun membawa bisnis yang dirintisnya berkembang hingga memiliki dua cabang. 


Menu andalan di kedai Soto Ayam Kampung Pak Djayus yang terletak di Jalan Raya Manyar, Surabaya, Jawa Timur. Bisnis/Arief Hermawan P


Djayus kemudian mengalihkan kepemilikan bisnis tersebut ke tangan putranya Nasrul pada 2017. Namun Nasrul memegang kendali saat usaha keluarganya sedang kurang baik.  


Kendati demikian, ditangan Nasrul, bisnis turun temurun itu berhasil bangkit berkat inovasi yang dia terapkan ketika melakukan studi jurusan kuliner di salah satu kampus bilangan Surabaya. 


Nasrul berinovasi dengan menambah variasi menu dan strategi pemasaran digital, seperti memanfaatkan platform media sosial. Selain itu, influencer kuliner juga turut andil dalam mengerek bisnisnya ini. 


"Saya belajar di bidang kuliner, jadi sedikit banyak tahu bagaimana cara meningkatkan usaha bapak ibu. Dari situ saya mulai mencoba media sosial, mengikuti event-event dan kolaborasi dengan food vloger sehingga soto kami lebih dikenal," ujar Nasrul di Surabaya, Rabu (19/4/2023) malam. 


Dari berbagai inovasi yang dilahirkan, menu nasi soto ayam kampung dan telur muda menjadi favorit pelanggan. Sebab, menurut Nasrul kelezatan soto ini terletak pada penggunaan ayam kampung sebagai bahan baku. 


Proses pembuatannya menggunakan air rebusan ayam kampung. Nantinya, air tersebut akan ditambah dengan rempah pilihan, sehingga kuah soto ini memiliki cita rasa yang khas saat dicicipi. 


Karyawan melayani pesanan di kedai Soto Ayam Kampung Pak Djayus yang terletak di Jalan Raya Manyar, Surabaya, Jawa Timur. Bisnis/Arief Hermawan P


Untuk harga olahan soto berkisar mulai Rp18.000 - Rp33.000. Adapun, menu lain yang disajikan di tempat makan ini yaitu asem-asem iga, sop buntut, rawon iga hingga mie godog Jawa dengan banderol Rp25.000 - Rp60.000.


Di sisi lain, Nasrul menyebutkan bahwa penjualan menjelang lebaran ini mengalami peningkatan 100 persen dibandingkan dengan hari normal. Biasanya, soto ayam hanya menjual 100 mangkok lebih, tapi seiring momen mudik lebaran ini, bisnisnya melejit hingga 200 mangkok soto terjual per hari. 


"Dua hari menjelang lebaran pasti mengalami kenaikan, mungkin orang-orang sudah banyak libur sehingga banyak makan diluar atau banyak rumah makan yang sudah tutup sehingga kami menjadi pilihan. Peningkatan 100 persen, misalnya sehari seratus mangkok sekarang jadi dua ratus ya," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.