Menjamurnya Retail Non Mall Jadi Ancaman Pusat Perbelanjaan?

Belakangan ini tengah menjamur retail non mall atau gerai retail yang berdiri sendiri. Menjamurnya retail non mall di area sekitar Jakarta ini dikhawatirkan berdampak pada bisnis pusat perbelanjaan.

Yanita Petriella

2 Agt 2022 - 20.01
A-
A+
Menjamurnya Retail Non Mall Jadi Ancaman Pusat Perbelanjaan?

Ilustrasi gerai retail di mal

Bisnis, JAKARTA – Beberapa tahun belakangan ini, mulai menjamurnya retail non mal. Ritel non mal ini merupakan ritel yang berdiri atau gerai pribadi yang berdiri sendiri (stand alone) di luar pusat perbelanjaan atau mal. 

Tentunya, menjamurnya ritel non mal ini berada di kawasan permukiman dan juga kawasan pendidikan yang memudahkan masyarakat mengakses ritel tersebut tanpa harus terlebih dahulu masuk ke mal. 

Associate Director PT Leads Property Services Indonesia Martin Samuel Hutapea mengatakan diproyeksikan akan terjadi tren ritel membuka ruang usaha independen tanpa memasuki mal sebagai tempat pemasaran. Ke depannya, perkembangan ritel justru mengarah ke non-mal atau stand alone atau gerai sendiri. Konsep ini menjamur di pinggiran Jakarta khususnya Tangerang dan Bekasi. Tentu hal ini disebabkan karena masih luasnya lahan yang tersedia serta dekat dengan perumahan penduduk dan universitas. 

Kondisi ini juga dilandasi oleh luas lahan yang masih tersedia di dekat perumahan penduduk dan universitas. Selain itu, perkiraan pengembangan ritel dengan konsep gerai pribadi juga dipicu oleh perkembangan mal yang kian berkurang intensitasnya. Penyebab terbesar yang ditandai yakni karena efek jangka panjang moratorium sekitar satu dekade yang lalu. Hal ini membuat lahan-lahan luas untuk pengembangan mal semakin terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menjamurnya Retail Non Mall Jadi Ancaman Pusat Perbelanjaan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.