Menjawab Ucapan Sri Mulyani Soal Ketertinggalan Sektor Logistik

Menteri Keuangan Sri Mulyani tetiba mengingatkan kembali soal ketertinggalan sektor logistik Tanah Air dibandingkan dengan negara lain di Asean. Ucapan itu memang ada benarnya. Namun demikian, pemerintah punya banyak pekerjaan rumah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Rayful Mudassir

12 Jun 2023 - 19.00
A-
A+
Menjawab Ucapan Sri Mulyani Soal Ketertinggalan Sektor Logistik

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah./Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani tetiba mengingatkan kembali soal ketertinggalan sektor logistik Tanah Air dibandingkan dengan negara lain di Asean. Ucapan itu memang ada benarnya meski solusi atas kondisi tersebut juga menuntut peran pemerintah. 

Di sela peluncuran Sistem Indonesia National Single Window (SINSW), Sri Mulyani menyebut Logistic Performance Index (LPI) Indonesia pada 2023 masih kalah kompetitif dibandingkan dengan negara di Asean dan berkembang lainnya.

Performa logistik RI pada tahun ini memang menempati peringkat 63 dari total 139 negara yang dikaji dengan skor 3.0. Peringkat ini turun 17 anak tangga bila dibandingkan dengan laporan terakhir yang dirilis Bank Dunia pada 2018 dengan nilai 3,15. 

Menurut indeks tersebut, kinerja industri logistik dalam negeri kalah dari negara tetangga yakni Singapura, Malaysia hingga Thailand. Negeri Singa memimpin peringkat logistik tertinggi di Asia Tenggara dengan skor LPI 4,3. Disusul Malaysia di peringkat 31 dengan skor 3,6. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.