Menlu China Serukan Perang di Ukraina Harus Berhenti

China untuk pertama kalinya menyerukan di depan panggung dunia agar perang di Ukraina berhenti. Namun, Beijing menekankan tidak akan mentoleransi segala bentuk provokasi soal Taiwan.

Nindya Aldila

25 Sep 2022 - 16.37
A-
A+
Menlu China Serukan Perang di Ukraina Harus Berhenti

Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam Debat Umum Majelis Umum PBB (Dok. PBB)

Bisnis, JAKARTA - China untuk pertama kalinya menyerukan di depan panggung dunia agar perang di Ukraina berhenti. Namun, Beijing menekankan tidak akan mentoleransi segala bentuk provokasi soal Taiwan.  

China yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Wang Yi dalam sidang Majelis Umum PBB pada Sabtu (24/9/2022) di New York, mengungkapkan hal itu di depan pemimpin negara lainnya yang tengah menjadikan tema perang di Ukraina sebagai fokusnya.

"Turbulensi dan perang hanya dapat membuka kotak pandora, dan dia yang memicu perang proxy bakal dengan mudah membakar dirinya sendiri,” kata Wang dalam pidato 21 menit, seperti dikutip South China Morning Post pada Minggu (25/9/2022).

Beijing termasuk negara yang tidak mengkritik Moskow atas invasinya dan menahan diri dari perluasan dukungan militer kepada mitra strategis yang tanpa batas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.