Menunggu Siasat Jitu Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Sejumlah intervensi pemerintah belum juga mampu mengatasi masalah kelangkaan minyak goreng di negeri penghasil minyak sawit terbesar dunia. Masih adakah siasat yang lebih jitu?

Fatkhul Maskur

8 Mar 2022 - 21.00
A-
A+
Menunggu Siasat Jitu Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan bersama distributor bakal mengguyur 22 ton minyak goreng untuk operasi pasar. - Foto Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Sejumlah intervensi pemerintah belum juga mampu mengatasi masalah kelangkaan minyak goreng di negeri penghasil minyak sawit terbesar dunia. Masih adakah siasat yang lebih jitu?

Harga minyak goreng mengalami kenaikan harga sejak akhir 2021 seiring dengan kenaikan harga minya sawit dunia. Berdasarkan data PIHPS, harga minyak goreng kemasan 1 per Oktober 2021 berada di angka Rp17.000 per kg. Saat ini, Selasa (8/3/2022), harga minyak goreng bermerek 1 mencapai Rp20.100 per kg.

Di samping harga yang meninggi, ketersediaan minyak goreng di pasaran sangat berbatas, atau menghilang di beberapa tempat. 

Pemerintah pun turun tangan dengan mematok kebijakan satu harga untuk minyak goreng, yakni Rp 14.000 per liter. Akan tetapi, kebijakan ini tidak berjalan. Kemudian terbit, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022, harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng sawit ditetapkan Rp11.500 per liter untuk minyak goreng curah, Rp13.500 per liter untuk minyak goreng kemasan sederhana, dan Rp14.000 per liter untuk minyak goreng kemasan premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menunggu Siasat Jitu Atasi Kelangkaan Minyak Goreng

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.