Menurunkan Pedasnya Harga Cabai Kian Melonjak Jelang Akhir Tahun

Jatuhnya produksi cabai seiring El Nino membuat pasokan seret sehingga harga pun merangkak naik jelang akhir tahun.

Redaksi

30 Okt 2023 - 20.03
A-
A+
Menurunkan Pedasnya Harga Cabai Kian Melonjak Jelang Akhir Tahun

Ilustrasi harga cabai. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Kemarau ekstrim yang berkepanjangan atau El Nino menyebabkan harga cabai terus menerus merangkak naik. Berdasarkan data panel harga pangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas), rerata harga cabai per 30 Oktober 2023 pukul 11.23 WIB mengalami kenaikan harga secara nasional. Harga cabai merah keriting rata-rata naik 2,54% menjadi Rp49.610 per kilogram. Begitupun dengan harga cabai rawit merah naik 1,06% menjadi Rp64.020 per kilogram.

Sepekan lalu, 23 Oktober 2023, harga cabai rawit merah masih di Rp55.520 per kilogram dan cabai merah keriting di Rp42.510 per kilogram. Harga cabai rawit merah terpantau berbalik naik dan terus menanjak setelah anjlok ke level terendah bulan September 2023. Sedangkan harga cabai merah keriting dalam tren naik sejak bulan Juli 2023.

Merujuk Informasi Pangan Jakarta pada Senin (30/10), harga cabai merah keriting meroket Rp4.095 ke Rp60.238 per kilogram, cabai merah besar naik Rp890 ke Rp58.615 per kilogram, cabai rawit hijau terbang Rp2.714 per kilogram, dan cabai rawit merah melampung Rp3.738 per kilogram. Harga tertinggi cabai rawit merah di Jakarta mencapai Rp100.000 per kilogram dan cabai merah keriting mencapai Rp90.000 per kilogram terjadi di Pasar Kramat Jati.

Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Abdul Hamid meminta keseriusan pemerintah dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan kenaikan harga cabai yang terjadi setiap tahun. Pemerintah juga diminta untuk meningkatkan produksi cabai petani dengan melibatkan seluruh pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menurunkan Pedasnya Harga Cabai Kian Melonjak Jelang Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.