Menutup Lubang Ekosistem Industri Pembangkit Tenaga Surya

Indonesia saat ini memiliki 22 pabrikan modul surya dengan total kapasitas produksi mencapai 1.644 MWp per tahun dan spesifikasi kapasitas maksimum per modul surya mencapai 560 Wp. Namun, masih terdapat sejumlah kendala yang dihadapi oleh industri ini.

Fatkhul Maskur

28 Agt 2023 - 21.37
A-
A+
Menutup Lubang Ekosistem Industri Pembangkit Tenaga Surya

Pekerja merawat panel surya. Pemerintah terus mendorong investasi pada industri pendukung EBT, di antaranya industri sel surya dan modul surya. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA - PT Dian Swastatika Sentosa, Tbk. (Grup Sinarmas) meresmikan groundbreaking pabrik sel dan panel surya di Kendal, Jawa Tengah. Fasilitas produksi terintegrasi pertama di Indonesia ini akan menutup lubang ekosistem industri pembangkit listrik tenaga surya.

Sel surya atau sel fotovoltaik adalah alat semikonduktor yang terdiri atas wilayah besar dioda sambungan p-n, di mana dengan cahaya matahari dapat menciptakan energi listrik. Dioda terbuat dari bahan semi konduktor tipe P (anoda) dan semi konduktor tipe N (katoda) yang disambungkan.

Beberapa sel surya dalam kelompok terpadu, semuanya berorientasi dalam satu bidang, membentuk panel atau modul fotovoltaik surya. Indonesia saat ini memiliki 22 pabrikan modul surya dengan total kapasitas produksi mencapai 1.644 MWp per tahun dan spesifikasi kapasitas maksimum per modul surya mencapai 560 Wp.

Namun, masih terdapat kendala yang dihadapi oleh industri modul surya, antara lain spesifikasi produk modul surya yang berkembang dengan cepat, industri komponen sel surya masih sangat terbatas, dan persyaratan kategori tier 1 yang dipersyaratkan lembaga pendanaan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.