Menyambut Inflasi Lampaui 4 Persen, Siap-Siap!

Pemerintah memasang asumsi inflasi dari 2 hingga 4 persen. Namun, belakangan, muncul perkiraan angka psikologis 4 persen itu akan terlewati.

Saeno

12 Jun 2022 - 10.39
A-
A+
Menyambut Inflasi Lampaui 4 Persen, Siap-Siap!

Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahunan mencapai 4,05 persen./Antara

Bisnis, JAKARTA – Inflasi selama ini menjadi salah satu indikasi yang dijadikan pegangan otoritas ekonomi di Tanah Air untuk menahan peningkatan suku bunga. Pemerintah memasang asumsi inflasi dari 2 hingga 4 persen. Namun, belakangan, muncul perkiraan angka psikologis 4 persen itu akan terlewati. 

Informasi terbaru, Bank Indonesia memperkirakan inflasi tahunan mencapai 4,05 persen (year-on-year/yoy). Inflasi bulanan pada Juni 2022 diperkirkan mencapai 0,32 persen. Hal itu didasarkan pada Survei Pemantauan Harga yang dilakukan otoritas moneter tersebut/

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Juni 2022 secara tahun kalender sebesar 2,89 [year-to-date/ytd], dan secara tahunan sebesar 4,05 persen yoy [year on year],” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam siaran pers, Jumat (10/6/2022). 

Erwin mengatakan, penyumbang utama inflasi Juni 2022 sampai dengan minggu kedua yaitu komoditas cabai merah sebesar 0,10 persen month to month (mtm), cabai rawit sebesar 0,08 persen mtm, telur ayam ras sebesar 0,05 persen mtm, bawang merah sebesar 0,04 persen mtm, tomat sebesar 0,03 persen mtm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menyambut Inflasi Lampaui 4 Persen, Siap-Siap!

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.