Menyambut Setrum Vietnam di Indonesia Lewat VinFast

Salah satu pemain kendaraan listrik dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, VinFast bakal ikut meramaikan ekosistem mobil setrum di Indonesia. Aliran modal pertama yang masuk mencapai US$200 juta atau Rp3,11 triliun.

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

14 Jan 2024 - 13.35
A-
A+
Menyambut Setrum Vietnam di Indonesia Lewat VinFast

Seorang pekerja sedang merakit mobil di pabrik Vinfast di Hai Phong, Vietnam, Jumat (14/6/2019)./Reuters-Kham

Bisnis, JAKARTA - Salah satu pemain kendaraan listrik dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, VinFast bakal ikut meramaikan ekosistem mobil setrum di Indonesia. Aliran modal pertama yang masuk mencapai US$200 juta atau Rp3,11 triliun (kurs Rp15.559).

Produsen mobil listrik asal Vietnam bakal segera membangun pabrik di Indonesia pada tahun ini. Kesepakatan ini secara simbolis diteken saat perjalanan Presiden Joko Widodo ke Hanoi, bertemu dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong pada Jumat (12/1/2024).

“Saya yakin mereka akan diberikan kemudahan dan perlindungan yang baik, dan saya mendorong perusahaan Vietnam untuk memperkuat investasinya di Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Aksi ini diyakini menjadi gerbang untuk ekspansi pembangunan ekosistem kendaraan listrik setelah komitmen sejumlah pemain baterai China dan Korea Selatan di Tanah Air. Produsen kendaraan listrik lainnya seperti BYD asal China dan Renault asal Prancis juga tengah menjajaki rencana yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.