Menyaring Emiten Junior Tercuan Usai IPO 2023

Jumlah perusahaan yang menggelar penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) telah melampaui volume 2023, dan berpotensi mencetak rekor sepanjang sejarah.

Iim Fathimah Timorria & Annisa Kurniasari Saumi

12 Agt 2023 - 12.41
A-
A+
Menyaring Emiten Junior Tercuan Usai IPO 2023

Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA—Jumlah perusahaan yang menggelar penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) telah melampaui volume 2023, dan berpotensi mencetak rekor sepanjang sejarah.

Dalam hal ini setidaknya mencapai 63 perusahaan IPO per Agustus 2023, sementara pada tahun lalu tercatat 59 emiten.. Meskipun performa emiten anyar tidak selalu memuaskan investor. IPO pada 2023 menorehkan catatan merah.Dari 63 emiten anyar yang melantai di bursa sepanjang tahun ini, 33 di antaranya atau 52,38 persen mencetak penurunan harga.

 Beberapa bahkan menyentuh harga di bawah gocap karena tercatat di papan akselerasi. PT Lavender Bina Cendikia Tbk. (BMBL) menjadi emiten anyar yang mencatatkan penurunan harga terdalam sejak pertama kali dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Harga saham perusahaan penyedia jasa bimbingan belajar tersebut kini hanya dihargai Rp33 per lembarnya, turun 82,45 persen dibandingkan dengan harga IPO Rp188. Perusahaan penyedia air minum PT Mitra Tirta Buwana Tbk. (SOUL) menjadi saham IPO 2023 selanjutnya yang mencetak kinerja boncos. Saham SOUL kini hanya dihargai Rp22 atau telah turun 80 persen sejak listing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menyaring Emiten Junior Tercuan Usai IPO 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.