Menyelami Rencana Pengembangan Hunian Konsep TOD Pertama di IKN

Pemerintah saat ini tengah mengkonsep pengembangan hunian di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur akan berbasis TOD.

Yanita Petriella

16 Mar 2023 - 19.18
A-
A+
Menyelami Rencana Pengembangan Hunian Konsep TOD Pertama di IKN

Gambaran Konsep hunian di IKN

Bisnis, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, istilah hunian berbasis Transit Oriented Development (TOD) ramai terdengar dan telah sudah menggema sejak lama. Konsep TOD ini kerap digembor-gemborkan baik oleh pengembang dan pemerintah. Pembangunan TOD ini salah satu upaya untuk memudahkan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut dapat mudah mengakses transportasi. 

Pemerintah saat ini tengah mengkonsep pengembangan hunian Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur akan berbasis TOD. Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Iwan Suprijanto mengatakan IKN Nusantara merupakan wujud pembangunan berorientasi transit sesungguhnya yang memudahkan mobilitas masyarakat dari hunian ke tempat kerja. Sebab, konsep pengembangan kawasan skala kota tersebut telah diterapkan sejak awal mula pembangunan.

“Kalau ada yang menyampaikan bahwa IKN adalah TOD yang sesungguhnya, maka hal itu memang benar adanya. Ini harus kita bangun dan wujudkan secara terarah,” ujarnya dikutip Kamis (16/3/2023). 

Menurutnya, salah satu key performance indicator (KPI) dari pembangunan IKN adalah masyarakat bisa 10 menit berjalan kaki dari hunian ke area perkantoran dan publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menyelami Rencana Pengembangan Hunian Konsep TOD Pertama di IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.