Menyimak Strategi Jangka Pendek Amankan Stok Pangan

Ketersediaan komoditas pangan strategis masih timpang antardaerah sehingga Kementerian Pertanian akan menyalurkan kelebihan pasokan di daerah yang surplus ke wilayah defisit untuk memastikan tidak ada kelangkaan menjelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri 2022.

Rustam Agus

23 Mar 2022 - 16.30
A-
A+
Menyimak Strategi Jangka Pendek Amankan Stok Pangan

Ketersediaan komoditas kedelai / Antara

Bisnis, JAKARTA – Sebentar lagi memasuki rangkaian bulan Ramadan dan Idul Fitri 2022 yang membutuhan ketersediaan pasok produk pangan pokok yang aman dan harga terkendali.

Di hadapan DPR, Kementerian Pertanian menyatakan sudah menyiapkan sejumlah strategi jangka pendek, jangka menengah, dan panjang untuk mengantispiasi ketersediaan beberapa komoditas pokok mulai dari kedelai, bawang merah, cabai, dan daging sapi guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
 
Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga kedelai misalnya, telah disusun agenda meliputi langkah jangka pendek atau darurat dengan membangun buffer stock 20 ribu ton per bulan

Sementara untuk stabilisasi pasokan dan harga bawang merah disiapkan stok penyangga 5 ribu ton. Untuk jangka panjang dilakukan bantuan sarana dan prasarana pascapanen pengolahan bawang merah, bimtek dan pendampingan petani, serta pengamanan ketersediaan benih sepanjang tahun.

Adapun untuk menjaga pasokan dan harga cabai besar dan cabai rawit Kementan, selain menyiapkan buffer stock 2.200 ton juga langkah tunda petik agar harga tidak jatuh dengan penjaminan pembelian dan mendorong penyerapan oleh pihak swasta dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.