Menyoal Daya Dukung Pemerintah untuk CCS/CCUS di Industri Migas

Salah satu strategi yang digadang-gadang dapat meningkatkan produksi migas nasional sekaligus mencapai target penurunan emisi karbon adalah dengan penerapan teknologi Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Storage and Utilization (CCUS).

Ibeth Nurbaiti

11 Feb 2023 - 15.00
A-
A+
Menyoal Daya Dukung Pemerintah untuk CCS/CCUS di Industri Migas

Kawasan hulu minyak dan gas bumi di Tanah Air. Salah satu upaya yang dapat diterapkan dalam dekarbonisasi di sektor migas, adalah dengan Carbon Capture Storage (CCS)/Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) atau sistem penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan CO2. Dok. SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Industri minyak dan gas bumi masih menjadi pilihan utama serta memiliki peranan penting dalam upaya memastikan ketersediaan energi nasional, terutama pada masa transisi menuju nol emisi karbon (net zero emission/NZE).

Sejalan dengan itu, sektor tersebut juga dituntut untuk menerapkan dekarbonisasi agar selaras dengan kebijakan transisi energi, tanpa harus mengurangi kegiatan operasi maupun produksi.

Baca juga: Produksi Migas Medco (MEDC) Terkatrol Berkat Aksi Akuisisi

Sebagai gambaran, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan emisi karbon yang bersumber dari sektor migas mencapai sekitar 44 juta ton CO2e pada 2030, sebagai imbas peningkatan produksi migas nasional jika sesuai dengan target 1 juta barel per hari dan minyak bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (Bscfd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.